Senin, 07 Desember 2015

Danau Biru Cigaru dengan Pesonanya

Danau Biru Cigaru dengan Pesonanya


Musim Kemarau memang berdampak begitu terasa di hampir seluruh kota-kota besar di Indonesia, tidak luput juga Kota Tangerang. Mulai dari kesulitan air bersih hingga bencana kekeringan melanda.
Namun tidak disangka dibalik dari musim kemarau yang panjang ini keajaiban mungkin bisa dikatakan karena entah sebuah kebetulan atau memang takdir Tuhan yang Maha Esa maka terjadi suatu kejadian langka yang akhir-akhir ini booming dikalangan masyarakat Cisoka, Kabupaten Tangerang yaitu, Danau Cigaru.
Diketahui Danau Cigaru tersebut bermula dari sebuah pengerjaan proyek yang mulanya sebuah kerukan pasir putih biasa saja namun tidak disangka ada sumber mata air yang muncul, dikarenakan pada saat itu air yang muncul tersebut berwarna keruh maka pengerjaan proyek tersebut berpindah tempat. Dimusim kemarau ini entah kenapa air yang mulanya keruh tersebut kemudian mengalir yang kini berubah menjadi sebuah danau, yang mana danau tersebut airnya dapat berubah warna, kadang menjadi sangat biru nan-indah dan kadang menjadi hijau muda yang menyejukkan.
Danau Cigaru tersebut sekilas mirip sebuah tempat pariwisata terkenal dari Indonesia, yaitu Kawah Putih yang merupakan sebuah tempat wisata di Jawa Barat yang terletak di kawasan Ciwidey.
Berikut ini foto antara Kawah Putih-Ciwidey dengan Danau Cigaru:


(Danau Cigaru, Cisoka, Tangerang)



(Kawah Putih, Ciwidey, Jawa Barat)

Telaga Biru Cigaru sendiri merupakan Selain memiliki pesona alam yang mengagumkan, Telaga Biru Cigaru yang terletak di kawasan Cisoka, Kabupaten Tangerang tersebut, juga dikenal sangat berbau mistik.
Pasalnya, di Telaga Biru Cigaru terdapat sebuah mitos warna air yang dapat berubah-ubah lantaran adanya sebuah selendang bidadari yang jatuh kedalamnya. Dan konon kabarnya telaga yang memiliki air berwarna biru kehijauan itu dihuni oleh makhluk halus yang  digadang-gadang bernama Ratu Pelangi, yang juga dikabarkan kerap merasuki tubuh para pengunjung dan warga yang bermukin disekitar lokasi wisata tersebut.
Bahkan tak sedikit warga yang mempercayai air danau 'ajaib' tersebut memiliki khasiat sebagai obat. Sehingga, banyak warga yang membasuh tubuhnya dan membawa pulang air danau ajaib di Kabupaten Tangerang tersebut.
Talaga biru bisa berubah warna ketika pagi dan siang hari. Danau ajaib ini sebaiknya diteliti dampak positif dan negatifnya. Sehingga diharapkan bisa dicarikan solusi penanganannya. Agar dampaknya tidak ternilai negatif, secepat mungkin diupayakan pengelolaan di danau Cigaru tersebut. Dan jika memungkinkan lebih baik dijadikan objek wisata bagi masyarakat oleh pihak Kecamatan Cisoka. Hal ini agar masyarakat yang menganggap air danau tersebut membawa manfaat, dapat terhindar dari takhayul yang bisa menyesatkan. Selain itu juga untuk pemberdayaan warga setempat agar tidak salah maksud dan tujuan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar